Mesin Diesel Sulit Dihidupkan Distarter

Mesin Diesel Sulit Dihidupkan Distarter

  • Dibaca: 16118x

Meskipun mobil dengan mesin diesel terkenal kuat dan bandel, namun tetap butuh perhatian dan perawatan. Kalau tidak diperhatikan, maka mesin diesel akan sulit dihidupkan ataupun distarter.

Sangat bijak apabila kita bisa mengetahui dan mengatasi akar permasalahannya untuk mencegah terjadinya masalah tersebut. Dan di saat perjalananpun kita bisa merasa nyaman dan tenang.

Berikut beberapa penjelasan singkat menghadapi masalah tersebut, ada beberapa langkah mengatasinya

Salah satu akar permasalahannya, biasanya pada busi pemanas, serta timer yang mengatur aliran listrik pada busi tersebut. Penjelasannya, saat menghidupkan mesin diesel yang dingin dibutuhkan pemanasan di ruang bakar yang hal ini menjadi tugas glow plug. Bahwa selain harus mencukupi, panas tersebut harus menyebar secara merata. Di sinilah timer dibutuhkan untuk memastikan penyebaran panas benar-benar merata.

Oleh sebab itu, komponen glow up perlu diperhatikan perawatannya dan juga timer yang bekerja mendukung glow up. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan

  • Semi overhaul untuk membersihkan semua kerak sisa-sisa pembakaran
  • Cek kondisi klep dan dinding silinder.
  • Kalibrasi injector dan pompa solar untuk menstabilkan mesin.
  • Menguras tangki solar, kemudian mengganti filternya, termasuk filter perangkap air.

Penyebab lain mesin diesel pada mobil yang sulit distarter adalah karena "Masuk Angin". Yang mengacu pada kondisi ketika ada udara berlebihan di dalam sistem / jaringan bahan bakar.

Masalah ini bisa diatasi dengan memompa "Priming Pump" hingga terasa keras.

Biasanya mobil yang masuk angin terjadi karena kehabisan solar, yang mengakibatkan angin akan masuk ke dalam sistem bahan bakar. Penyebab lainnya saat penggantian komponen di sistem bahan bakar. Komponen tersebut seperti saringan solar, pada saat dibuka untuk mengganti, angin dari luar akan masuk ke dalam.

Apabila hal tersebut sudah dilakukan dengan benar dan mesin diesel pada mobil belum juga mau dihidupkan. Anda bisa kunjungi dealer bengkel resmi terdekat.

Khusus pengguna produk mobil Isuzu di Solo, Surakarta, Solo Baru, Sukoharjo, Klaten, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Boyolali dan sekitarnya. Anda bisa kunjungi bengkel resmi Astra Isuzu Solo, yang mempunyai suku cadang resmi dan tenaga ahli yang sudah terdidik. Lihat lokasinya di bawah ini.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Service, Suku Cadang dan Pembelian mobil Isuzu, Anda bisa hubungi FUAD NOOR FATRIA, telepon: 081-326-7500-91. Selaku sales marketing dealer resmi Astra Isuzu Solo.

Informasi Pembelian

Fuad Noor Fatria